Tuesday, September 18, 2012

Road Trip to Sumatera #2

Ini dia kelanjutan dari postingan Road Trip to Sumatera #1

Day 8 - 21 Agustus 2012
Hola, pagi ini kita semua pada sibuk loh. Team RTTS final packing karena siang ini kita akan melanjutkan road trip menuju Padang. Yihaaaaaaa!! Siangnya ba'da zuhur sekitar jam 1an Kijang1 dan Kijang 2 dapet temen baru si Kijang 3. Posisi sedikit berubah, kaya gini nih:

Kijang 3 - (Daihatsu Terrios)
Rizal - Driver
Om Zul - Co Driver
Ucu - Penumpang utama
Pikot -  Penumpang juga

Menuju Padang, kita mampir ke toko roti Vanhollano yang katanya terkenal itu. Semacam bread-talk gitu deh. On the way padang, saya merasa suntuk. Mungkin saatnya makan big chocolate croissant yang saya pilih tadi. Nyam.. nyam.. kok biasa aja ya. Sepertinya salah pilih. Akhirnya saya sisain setengah buat nanti kalo laper tinggal dimakan lagi, huahaha. Masih di orpinsi Riau, kita mampir ke posko indomie yang ngejreng itu. Kirain mau makan pop mie, ternyata numpang pipis sekalian numpang foto-foto juga. Tapi ada yang beli kok, 1 paket pop mie dan indomie, kayanya Si Om Zul deh. Alhamdulillah yaa lumayan pemasukan buat mereka.

Sekitar jam 6 sore, langit masih biru terang menuju gelap, saya takjub dengan sebuah jembatan yang belum resmi diresmikan. Namanya jembatan "Kelok 9". Jembatan yang terletak di perbatasan propinsi Riau dan Sumatera Barat ini Subhanallah bikin speechless. Saya berkesempatan turun dari mobil dan merasakan sejuknya udara di jembatan itu. Allahuakbar. Menyusuri jembatan ini senengnya bukan main. Sumfah, gak mampu berkata-kata selama di dalam mobil terkagum-kagum sambil ternganga-nganga. Enjoy the some pictures:




 
pictures source: http://arantan.wordpress.com

Gak lama turun dari jembatan kelok 9, melipir dulu ke salah satu rumah makan (padang pastinya). Lucu deh toiletnya, air untuk nyiram langsung mengalir dari sungai. Bbrrrrr, dinginnyooo. Makanannya juga enak, walaupun ayam bakarnya kecil tapi rasanya nendang, hahaha..


Day 9 - 22 Agustus 2012
Sekitar jam 3 pagi kita mampir di warung makan pinggir jalan di sebrang hotel bintang 4 (asli, saya lupa namanya apaan). Saya yang kebelet pup dari jauh-jauh hari, kabur menuju toilet dan kesampean juga akhirnya. Legaaaaaaa.. Sementara yang lain makan, saya, mama, poltak, pikot, and dauzi yang lagi bobo cuma milih stay di mobil. Saya yang gak tahan dengan mobil penuh sampah, mulai menyomoti satu persatu sampah yang ada dengan kantong kresek. Ada satu kejadian yang masih bikin nyeri hari saya, sila disimak percakapan berikut.

Mita: (berjalan menuju sebuah pohon rindang, dimana ada beberapa tumpukan sampah dan ada seorang lelaki berjarak 0,5 meter dari pohon itu)
Bapak: "Makasi yo diak", dengan nada minangnya dia mendekati kresek yang saya bawa
Mita: "Sampah", ucap saya dengan nada setengah bingung
Bapak: "Kirain makanan buat bapak", ucapnya linglung
Mita: -_______________- (berjalan kembali ke mobil dengan raut muka aneh)

Terdengar dari jauh si bapak-bapak itu ngomong sama temennya pake bahasa padang. Entah sumpah serapah atau sekedar curhat gak tau deh. For your information, bapak itu berpakain sangat layak, bersih dan gak menunjukkan bahwa beliau orang tidak mampu. Salah saya ya mau nitip sampah di deket pohon itu? Salah sih, itu kan bukan tempat sampah! Allahualam, sama sekali gak ada maksud ngerjain atau apalah itu namanya. Orang-orang di mobil ngakak dengerin cerita saya. Baiklah, untuk bapak yang merasa saya koyak-koyak hati atau harga dirinya, saya minta maaf yah..

Alhamdulillah, jam 4 dini hari touch down rumah oma yang sekarang dijadiin Balai Pengajian. Subhanallah, bangunannya indah, atapnya minang banget, dalemnya luas, nyaman dan bla bla bla. 11 Tahun gak ke Padang perubahannya suwaryo banget yah (huahaha, suwaryo kan nama security kantor yang jadi sohib saya :p). Pengen banget rebahan Ya Allah. Begitu ketemu kasur langsung aja saya menjatuhkan diri abis itu langsung bersih-bersih dan sholat isya. Udah gitu nungguin subuh deh, biar langsung bablas hibernasi sampe matahari terbit.

Jam 8 kurang saya kebangun. Langsung semangat deh karena hari ini mau ke Painan, tepatnya ke Pantai Carocok. Hari ini memutuskan pake chiffon wing skirt warna cokelat milo, atasan kamidea beli langsung di workshop-nya di daerah karang tengah (lebak bulus) dan jilbab paris warna krem punya mama. Sekarang lagi demen pake rok, ga tau kenapa mungkin terlihat lebih anggun aja. Fyi, ucu naksir berat loh sama rok saya ini sampe mau dibayarin segala, hihi. Jam 10.30 leaving markas besar dengan 3 mobil. Mobil tambahan adalah mobil :mereka (orang yang saya gak perlu jelaskan disini). Saya pikir langsung ke pantai ternyata mampir ke Iko Gantinyo - Ed Durian Nan Sabananyo. What? Lagi-lagi es durian? Ini pada ngidam apa yaa. Yang lain pesen es durian, saya pilih es yang gak ada duriannya. Ada 2 scoop ice cream, potongan alpukat, susu, syrup, pokok'e wuenak tenan (loh, kok jadi jawa?). Karena saya gak pesen makanan, jadinya nyomotin pempek mama deh, yeyyyy!

Abis itu capcus menuju pantai ngelewatin Teluk Bayur. Perjalalan ternyata cukup panjang, dari jam 12 kurang sampe jam 3.30 sore belom sampe juga. Tiba-tiba mobil belok kanan, ada rasa curiga dalem hati "ini mau kemana sih sebenernya", ternyata benar, mobil berhenti di rumah orang yang saya gak tau siapa dia. Alhasil gue ketahui bahwa itu adalah rumah saudara "mereka". Baiklah, saya memutuskan stay di mobil bersama mama yang lagi tidur. Gak mau kalah sama mama, akhirnya saya mulai memejamkan mata dan menahan rasa kecewa saya. Sempet kebangun pas si ridho matiin mesin mobil. Alhamdulillah lagi ujan dan gak panas deh di dalem mobil (tapi hati saya tetep panas kok, haha). Entah berapa lama saya dan mama menunggu. Ketika "mereka" dan mereka kembali ke mobil, langsung tancap gas menuju Pantai Carocok. Setelah 1 jam perjalanan, kita belok kanan yang katanya menuju pintu masuk pantai. Subhanallah, stuck gini jalannya. Gak nyampe 1 jam ikut barisan mengantri, poltak mulai berkoar tepat pukul 4.30 sore. "Udah udah pulang aja lah!". Akhirnya kita semua puter balik menuju markas besar. Alhamdulillah gak ada rasa kesel sama sekali soalnya dari awal memang udah gak tersusun dengan jelas mau kemana dan kemananya. Kalo kaya gini kan waktu terbuang sia-sia (banget!) Udah laper (belom makan dari siang), bokong pegel (secara duduk doang di dalem mobil), bb lowbat, uuuuuhhhhhhh bener-bener riyanto banget yah (kalo ini, messenger kantor bukan security).

Jam 6 kurang, mampir ke resto padang (yaiyalah, secara lagi di padang). Sebelum makan, saya sempetin sholat ashar (di padang, magribnya jam 6 lewat banyak loh) dan sekalian deh nunggu magrib di musolla resto. Pas makan bingung mau pilih menu apaan, as usual  last option is telur dadar. Perjalanan masih panjang, mobil melaju dengan pelan sampe akhirnya mendekati markas dan mobil "mereka" belok kiri, dan yang terjadi adalah mobil kami lurus ngebuntutin mobil ucu and om zul. Ternyata eh ternyata kita ke Pantai yg gak jauh dari rumah, gak tau apa nama pantainya nya. Istimewanya Padang adalah pusat kota yang berada di pinggiran (kalo gak percaya, coba scroll up ke peta sumatera di awal postingan deh). Dari rumah ke pantai itu cuma 5-7 menit aja. Konsep pantai ini kaya di jimbaran gitu, banyak payung-payung dan kursi. Isinya anak muda semua. Si pikot keasyikan makan telur penyu yang dibeliin om zul. Saya dapet jatah 1 tapi gak yakin makannya, saya limpahin ke kejepit deh. Gak lama di pinggir pantai, cus pulang ke markas. Sampe sekitar jam 9an, langsung bersih-bersih, sholat, dan mengistirahatkan badan. Prepare back to Bandar Lampung tomorrow morning. Hiks hiks..


Day 10 - 23 Agustus 2012
Pagi ini pake rok (yang kemarin) lagi, hihihi. Capcus dari markas jam 8an menuju makam oma saya, Hj. Amihar. Terakhir kali melihatnya ialah ketika 11 tahun yang lalu ke Padang. Saat itu saya masih menjadi cucu yang lumayan aja. Ingat satu saat ketika sedang dikamar, cucu-cucunya (termasuk saya) ramai-ramai memijat beliau, saya kedapetan megang kaki kiri. Dengan kekuatan penuh, badan saya maju mundur mengikuti pijatan yang saya berikan untuk beliau. Subhanallah moment itu benar-benar luar biasa, itu yang paling saya ingat. Hmm, teringat juga ketika saya, kejepit dan poltak dimarahi beliau karena sering berlari-lari di dalam rumah. Baru sadar ternyata itu tanda sayangnya. Beliau meninggal di tahun 2001 dan saya gak ke Padang waktu itu.

Tahun 2012 ini saya berjumpa dengan makamnya. Jangan tanya apa perasaan saya ketika menyentuh tanah dan batu nisan bertuliskan namanya saat itu. Hanya doa dalam hati yang bisa saya berikan, hanya air mata yang mampu berbicara dan hati yang menahan kesedihan. Sedih, saya ke padang ketika beliau sudah tak ada. Sedih, melihat banyaknya makam yang semakin mengingatkan bahwa kematian itu sungguh dekat. dan sayapun kembali tersadar bahwa kini tidak lagi ada Oma-Opa (nenek-kakek dari papa) dan Emak-Tuo (sebutan nenek-kakek dari mama). Emak-Tuo dimakamkan di Batam dan saya belum pernah sekalipun kesana membersihkan makamnya. Insya Allah jika diberi kesempatan bertemu Ramadan tahun depan, saya dan mama berencana ke sana. Doakan yaaa.. Semakin lama di pemakaman membuat saya semakin tak kuasa menahan sedih, akhirnya saya masuk mobil dan menenangkan diri.

Selesai berziarah, menuju ke pusat oleh-oleh Sumatera Barat. Iyak, Christine Hakim. Gak buka cabang hanya ada di sini nih, empat yang saya satroni. Ruameeee pisan. Saya langsung nyomot keranjang dan mulai hunting oleh-oleh seorang diri. Mondar-mandir, bulak-balik, kesana-kemari. Akhirnya memutuskan untuk menyudahi belanja dan menuju meja kasir. Totalnya IDR 99.500. Kembali gopek kan, tapi gak tau gimana nasibnya si gopek itu. Saya  Dapet keripik singkong balado 3 bungkus, kipang 1, keripik kentang balado udang, pangsit pedas, dan keripik kentang keju. Si Rizal noh yang paling gila belanjanya. Antara stres atau maruk gak tau deh :p

Makan siangnya istimewa sekali pemirsah. Ikan bakar Pak Agus (kalo gak salah namanya) di pinggir jalan gak jauh dari Christine Hakim. Jadi kita pilih sendiri ikan segar di dalam box berisi es, terus minta dimasakin sesuai selera deh. Semacam di Bandar Djakarta gitu tapi ini versi pinggir jalannya.Masya Allah nikmatnyaaaaaa. Ahh, jadi kepengen lagi :D

Ba'da lunch langsung balik ke markas. Sholat zuhur terus mulai gotong-gotong koper ke mobil. Ketika sampe bawah dan ngeliat posisi barang-barang created by Rizal and Ridho, hati saya tergerak untuk membongkarnya. Bukannya gak menghargai tapi susunannya itu loh bikin ekpresi muka jadi kaya gini -_________________- Setelah saya dandani, ternyata lebih enak dipandang. Gak menggunung kaya tadi :p
Abis pamitan cabcus deh mengarah ke solok dan seterusnya.

Day 11 - 24 Agustus 2012
Pagi-pagi buta sekitar pukul 1 dini hari (seingat saya msih di propinsi Jambi), jalanan sedikit terdendat. Ternyata ada sebuah Suzuki APV yang terjun ke kiri jalan, posisinya gak terbalik. Ketika kami melintas, kaca mobil sempat digedor-gedor oleh orang awam disana tapi kami tak menghiraukan dan melaju melewati keramaian tadi. Ketika sampai di rest area (read: SPBU) banyak orang yang membicarakan kejadian tadi dan mereka bilang mobil-mobil yang berhenti dipanjati oleh orang awam disana. Merinding dengernya, sungguh! Ini aja ngetik sambil merinding-merinding gak jelas. Saya yang di SPBU ini cuma bisa berdoa semoga Allah melindungi mereka yang terjebak disana. Rehat terasa cukup, kami melanjutkan perjalanan pulang.

Pukul 5 pagi saya terbangun dan menyadari sudah ada di masjid yang sama ketika sholat subuh saat perjalanan menuju Pekan Baru. Dipinggir jalan dekat masjid ada banyak yang jualan kue-kue gitu. Saya menghabiskan 2 donat dan teh hangat. Lumayan ganjel perut saya yang selalu dan selalu meminta makanan. Lanjut menyusuri jalan lintas timur, gak lama ketemu pasar. Kijang 1 berhenti. Ehh ternyata beli pem-pek panggang. Sedihnya, pempek panggang ini ga enak, masih mentah banget. Padahal pempek pangang abang-abang yang dijual di lampung itu enyak banget, huhuhu.

Baiklah, hari ini sarapan dan makan siang dirapel jadi satu. Uhhhh, Alhamdulillah udah makan donat 2 tadi pagi dan icip pempek panggang yang mentah. Gak seberapa inget tentang hari ini. Kita skip aja ya langsung jadi malem :D

Jam 8 kita melipir ke RM Begadang. Rumah makan padang terlaris terenak dan terkenal di Bandar Lampung.  Jujur saya lapar, tapi saya lebih milih pegangin dauzi aja supaya yang lain bisa makan duluan. Pas giliran saya makan, tetep bingung mau pilih lauk apaan. Alhasil, terpilihlah ayam guriang talua ala Begadang. Enak bangeeeet, secara udah lama gak makan ayam guriang yang adanya cuma di RM Begadang ini. Setelah semua kekenyangan, saatnya kembali ke pangkuan jok mobil. Saya penguasa jok belakang dan saya bisa selonjoran, wohooooo.. Jam 11 kurang finally sampe home sweet home. Girang banget pasti para bokong-bokong menderita.. zZzZzZzZzZzZ..

Day 12 - 25 Agustus 2012
Yihaaaaaa, selamat pagi Bandar Lampung.
Bangun tidur kuterus makan nasi uduk, mandi, dhuha, cabcus ke Pantai Mutun. Aduhhhh, sampe sana siang bolong dan panasnya nyengat banget. Dengan bijak saya putuskan untuk gak main air dan jagain pondok sama mama, poltak and dauzi. Semua pria plus pikot nyebrang ke pulau. Dulu (gak dulu-dulu banget sih, kalo gak salah diantara tahun 2010-2011) saya udah pernah nyebrang ke pulau itu, sama MRA juga. Dia berkesempatan liburan di lampung 2 hari bersama saya san keluarga saya. Seneng banget waktu itu bisa liburan bareng dia. Waktu itu, si MRA dikubur pake pasir pantai (kecuali muka ye). Huahaha..

Pantai Mutun yang sekarang sudah lebih tertata. Ada cafe baru namanya "Cafe Mutun". Tempatnya oke lohh! Saya, poltak dan dauzi order es kelapa (bukan di gelas, yang sama batok warna ijonya itu lohh), kentang + sosis goreng, makannya di pondok aja soalnya kasian mama sendirian di pondok. Dari segi harga, masuk akal banget kok, bisa dibilang bersahabat lah sama dompet pelajar/mahasiswa. Eh ada tukang tahu sumedang lewat, beli lah 8 bungkus si mama. Tau gak tadinya si mama mau beli 50ibu yang artinya dapet 10 bungkus plus bonis 1 bungkus dan 1 bungkusnya isi 10pcs tahu. Itu artinya mama beli tahu 80pcs dengan harga IDR 40.000. Subhanallah. Gak lama tukang tahu pergi, pesenan kita dateng. Kebetulan, saya dan mama pecinta kelapa muda, nahh si poltak mah golput dia, hihihi. Si sosis datengnya ga ada saus, jadi minta saus sambel sama waiternya dan tiba-tiba yang dibawain adalah sambel goreng terasi (tapi enak juga kok buat dicocol sama tahu sumedang yang ber) -____________-

Selama yang lain di pulau sebrang, kita yang dipondokan kerjaannya wisata kuliner alias ngenyangin perut. Sorean dikit sekitar jam 2an kita cuss ke bakso sony. FYI, bakso sony (sekarang namanya jadi Son Haji-Sony) bakso terenak ternikmat terlaris terame terdahsyat terasa banget dagingnya dan ter ter ter lainnya se-Bandar Lampung, bahkan di seluruh dunia #eaaa. Kalo gak percaya, buktiin aja sendiri dateng ke salah satu cabangnya. 1 lagi, jangan kaget kalo tempatnya rame ya, karena emang gak pernah sepi sih :p

Bakso Son Haji - Sony
1. Jalan Wolter Monginsidi/Kartini Atas (deket RS Bumi Waras) --> ini pusatnya
2. Jalan Z.A Pagar Alam (deket kampus Teknokrat)
3. Jalan Raden Intan (sebelum Toko Buku Gramedia)
4. Depan Chandra Superstore Tanjungkarang (deket Rayamana)
5. Jalan P. Antasari No. 118B (sebrang pom bensin)
6, 7 , dst lupa (maklum, udah mau setaun ninggalin lampung :p)

Dengan mood yang kurang baik, saya tetep melahap bakso-bakso itu dengan ikhlas, haha. Dari makan bakso lanjut cuss ke stadion, makan batagor and es kacang merah. Alhamdulillah, enak banget!!!!! Ada tapinya, es kacang merah lebih maknyuss yang di loking alias lorong king. Harganya IDR 2500 saja. Saya biasanya request dibikin 4ribu biar kenyang, huahahah. Btw, kasian tuh si kejepit dan bang ricky. Mereka salah pilih gerobak batagor (yang kurang nendang) jadinya batagor saya dicomotin deh.

Abis itu cabut ke rumah bang riko (nama aslinya sih Ahzan). Disana ada Uni Debby, Bang Lek beserta keempat anak mereka. Mereka udah jadi warga negara malaysia. Gak lama kak soleh, ka boy dan kak kiki si vokalis the potter dateng. Hihiyyyyy, senangnya ruame banget dirumah itu. Ngobrol ngobrol ngalur ngidul yang gak tau ngebahas tahun berapa, huahaha.

After magrib, kita cabut menuju Rumah Kayu. Restoran yang terletak di Way Halim ini selalu rame pungunjung padahal pas kesana dan menikmati makanannya biasa banget dan harganya gak make sense abis. Pokonya ga recommended lah. Kita kesana karena penasaran sama kualitas masakannya eh ternyata biasa aja, hihihi. Nah, kalo mau makan yang dijamin enak, harga masuk akal dan temoat juga mendukung ke Kampung Daun. Ada di perumahan way halim permai kalo gak salah :D

Dinner selesai dengan perasaan biasa aja, cus ke rumah mempersiapkan diri untuk menyebrangi Selat Sunda dan kembali ke ibukota.

Day 13 - 26 Agustus 2012
Hari ini saya ke Pasar Way Halim sama mama mengendarai si wao (motor pemberian mama, kapan-kapan bahas wao ah biar gak lupa dan sepertinya gak akan pernah saya lupakan). Ke pasar, hal yang dulu sering saya lakukan letika masih tinggal bersama mama. Ke pasar kali ini kita beli sarapan lontong sayur, nasi uduk sama gado-gado serba Padang. Sementara mama keliling beli sayur buat daudzi, saya mampir ke toko kue basah langganan. Sedih itu ketika kue putu ayu (favorit saya dari jaman behela) yang saya idam-idamkan itu ternyata belum ada. Kata mbaknya, supplier putu ayu masih di kampung. Huhuhuhu.. Jadi biar gak sedih-sedih banget beli kue yang lain deh akhirnya.

Sampe rumah langsung tancap gas sarapan, mandi, dhuha, packing lagi. Packing terakhir di Road Trip to Sumatera ini. Pamit deh sama mama. As usual, dipeluk dicium bunda tersayang. We'll meet soon mom.. Dadah dadah sampe gak keliatan lagi tangan mama yang melambai-lambai. Hihihi

Dari rumah kita mampir ke toko oleh-oleh khas Lampung di daerah Teluk Betung. Si Rizal masih aja laper mata belanja oleh-oleh, dasar orang norak. Hahahaha.. Saya beli seperluanya aja. Keripik pisang coklat 3, kacang medan 3, kerupuk 1, udah deh selesai belanjanya. Gak sampe 50ribu loh, huahaha..

Matahari semakin naik, kita lanjut menyusuri jalan menuju pelabuhan Bakauheni. Siang sekitar jam berapa yang saya lupa, mampir ke RM Simpang Raya. Makan siang, zuhur, capcus lagi deh. Dari rumah makan itu ke pelabuhan gak terlalu jauh, sekitar 15 menit. Sayangnya kita gak langsung masuk kapal. Satu jam lebih kita nunggu antrian, alhamdulillah masuk kapal juga. Buru-buru deh saya menuju executive room. Takut gak kebagian kursi euy. Pas sampe atas, ternyata udah rame dan dapet kursi di belakang deh. Alhamdulillah. Nah, pas mas-masnya nagih uang kursi sebesar IDR 10ribu/seat. Merogoh-rogoh kantong, dan mendapati tidk ada uang dikantong celana ini. Uang 70rb yang dikasih bang ricky sepertinya jatuh entah dimana. Huaaaaaa kan lumayan 70rb :(

Masih di tengah Selat Sunda, jam 4an saya meluncur ke mushola. Ashar dulu cyin. Rasanya sholat di dalem kapal itu kaya sholat dalam keadaan pusing puyeng pening migrain dkk ya. Merapat di Pelabuhan Merak jam 6 sore. Saya dipindahin ke kijang 2, berduaa sama di Rizal doang. Sepanjang jalan doi cuap-cuap mulu sampe bosen nanggaepinnya. Topiknya gak kenarik sih, hahahaha. Akhirnya yang dinantikan pun mendekat. Ialah kasur yang  nyaris 2 minggu saya tinggalkan. Besok kembali kerutinitas so langsung tidur pules kita semua.

Alhamdulillah, perjalanan mudik tahun ini diberi kelancaran, kemudahan, keselamatan dan kenikmatan dari Allah SWT. Bersyukur tiada henti-hentinya deh. Oh iya, sepanjang perjalanan itu saya ngetwit dengan hastag #RoadTriptoSumatera dan #LiveTweet. Biar ada kegiatan aja selama di mobil. Sedihnya itu pas masuk daerah bukit dan hutan-hutan, gak ada signal jadi mati gaya deh. Apalagi pas perginya kan puasa, jadi cengo gak bisa nyemilin makanan. Hihihi.. Setelah lebaran ini pokoknya harus lebih baik dari hari kemarin. Kalo gak lebih baik, berarti sayA termasuk orang-orang yang merugi. Sampai ketemu lagi yaa Pulau Sumatera..

Best Regards,


Mita Silvia
(Trip Coordinator)


No comments:

Post a Comment